Posted by : Unknown Wednesday 27 October 2010

nah buat agan-agan semua...
kali ini ane akan memostingkan sebuah ilmu ane yang berjudul pengertian dan keguaan BIOS
tidak basa-basi lagi gan langsung cekidott...




Pada posting kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai pengertian dan Keguanaan BIOS secara umum. Kata BIOS dalam bahasa Yunani berarti "kehidupan", dalam terminologi komputer BIOS singkatan dari Basic Input Output System. Ini adalah komponen penting-sebuah firmware- dalam komputer yang umumnya di buat menggunakan bahasa rakitan (assembly) , BIOS ini dimasukkan pada sebuah chip pada motherboard yang gunanya membantu suatu sistem operasi untuk berkomunikasi, bios ini bertindak sebagai perantara antara hardware dengan mekanisme operasional nya (sistem operasi). Tanpa bantuan dari BIOS sistem operasi komputer tidak akan dapat membuat komunikasi atau tidak mampu mengendalikan hardware, dengan kata lain bahwa BIOS dapat dianggap sebagai unsur yang menentukan pada komputer mana pun. Jika pada suatu keadaan dimana BIOS tida bekerja dengan sempurna, maka kinerja komputer akan melambat lebih dari 40%.

Banyak praktisi komputer menyebutnya sebagai ROM BIOS karena memang disimpan pada chip ROM (Read Only Memory) dengan tujuan dapat segera di eksekusi ketika komputer dinyalakan. Beberapa kegunaan BIOS yang sangat penting adalah sebagai pengatur konfigurasi dasar pada komputer seperti tanggal, jam, setup booting, menguji hardware pada proses Power On Self Test (POST), pengaturan hardware, menjalankan operating system dan menjaga kestabilan komputer.

Sekarang BIOS sepengetahuan saya tidak lagi disimpan dalam bentuk ROM tapi sudah dalam bentuk EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory) atau Flash ROM dengan tujuan untuk mendukung kompleksitas dari sebuah sistem komputer. Flash memori ini dapat di upgrade/update oleh penguna tetapi tetap harus berdasarkan kepada instruksi dari pembuat BIOS (Award Software, Phoenix Technologi, AMI-American Megatrends Incorporated). Untuk update bios kita harus hati-hati karena udate yang tidak benar bisa mengakibatkan motherboard mati mendadak, ada baiknya tanyakan langsung pada vendor atau teknisi yang sudah berpengalaman.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Total Pageviews

Blogger templates

Welcome to my blog and thanks for visit my blog

Followers

- Copyright © Berbagi ilmu komputer dan jaringan -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -