Archive for 29/08/2010 - 05/09/2010

EFEK SAMPING JARINGAN SOSIAL

Saturday 4 September 2010
Posted by Unknown
Jaringan Sosial Internet (JSI) seakan telah menjadi candu baru bagi dunia. JSI seakan menjadi “Box Office” dan “Best Seller” produk informatika jaman modern ini.
JSI sendiri, menurut penulis, ada dua jenis, yaitu dengan moderator dan tanpa moderator. JSI dengan moderator bersifat umum, artinya informasi dari satu orang ditujukan kepada semua orang. Moderator berfungsi sebagai filter informasi. Contoh JSI dengan moderator adalah Yahoogroups. JSI tanpa moderator adalah JSI yang bersifat personal dan tanpa moderator. Satu orang bisa mengirim pesan kepada orang lain tanpa diketahui isinya oleh pihak lain. Contoh JSI tanpa moderator adalah Facebook (FB), Twitter, Friendster (FS) dan lainnya. Artikel ini mengulas JSI tanpa moderator.
JSI tanpa moderator melejit luar biasa cepat. Jaringan ini berkembang pesat terutama pada generasi muda. Mengapa JSI bisa berkembang pesat? Salah satu penyebabnya adalah gengsi. JSI seakan telah menjadi status sosial bagi kalangan generasi muda. Bagi sebagian orang, mereka yang tidak tergabung dalam JSI, otomatis akan merasa tersisihkan dari kalangan teman-temannya. Rasanya tentu tidak menyenangkan. Seperti seorang yang bukan penggemar sepak bola yang bergabung dalam kelompok diskusi sepak bola. Terasing. Tidak tahu apa yang diomongkan oleh teman yang lain. Jika demikian, lambat laun orang tersebut akan berusaha masuk ke dalam JSI.
JSI juga bisa dianggap menjadi ukuran gaptek tidaknya seseorang. Mengikuti trend terbaru, itulah yang sering dikatakan orang banyak. Maka jangan heran jika anak-anak SMP akhir dekade ini sudah mampu ber-internet-ria. Bandingkan dengan dekade yang lalu. (Penulis belajar “main” internet ketika kuliah.) Anak-anak SMA pun sekarang sudah membawa HP yang mampu mengakses internet. Demi menghindari kata “gaptek”, orang tua dipaksa membelikan HP seharga Rp 700 ribu sampai sejutaan. Padahal HP baru seharga Rp 300 ribuan pun ada. Semua ini dilakukan oleh sebagian orang demi menghindari cap “gaptek.”
Sebelum membahas dampak negatif JSI, penulis akan membahas manfaat JSI. Banyak orang mengatakan bahwa dengan JSI kita bisa lebih mudah terhubung dengan orang lain. Penulis dengan mudah bisa meninggalkan pesan pada saudara penulis yang tinggal di belahan bumi yang lain misalnya tanpa takut pesan tidak tersampaikan. Bandingkan dengan SMS yang kadang masih “failed”. Jarak dan kesibukan tidak menjadi halangan untuk menghubungi orang lain. Penulis rasa inilah satu-satunya manfaat JSI.
Sekarang bagaimana efek negatif dari JSI. Memang secara pasti tidak ada efek negatif JSI. Namun ada satu ancaman besar JSI terhadap penggunanya, terutama kaum remaja. Seperti kita ketahui bahwa remaja adalah orang-orang yang sedang mulai bersosialisasi. Mereka merasa bahwa dirinya sebentar lagi (tahun depan?) akan menjadi dewasa, sehingga berhak melakukan lebih banyak hal. Dan biasanya remaja tertarik dengan sesuatu yang kelihatan canggih. Bagi orang-orang ini JSI seakan menjadi sesuatu yang canggih, terutama pada kelompok remaja penggemar multimedia.
Di sisi lain, remaja-remaja jaman sekarang cenderung “bermental selebritis.” Artinya mereka ingin kelihatan gelamor, hebat, populer, memiliki banyak penggemar dan seterusnya. Nah, kedua hal ini, yaitu “mental selebritis” dan JSI, bisa saling mendukung. Maka hal-hal yang remeh-temeh pun mulai diungkapkan di JSI. Misalnya warna baju yang ingin dipakai besok pagi atau foto terbaru pada jam tersebut.
Memang tidak ada yang salah dengan hal-hal tersebut. Namun ada satu hal yang masih terlewatkan oleh sebagian orang, terutama kaum remaja. Bahwa sebuah kemudahan biasanya mengandung resiko yang lebih besar. Ada dua resiko yang bisa muncul. Pertama, JSI menjadi candu yang menyedot waktu dan energi penggunanya. Kedua, JSI menjadi “malpraktek” mode komunikasi.
Sebuah survei di AS dan Inggris menunjukkan bahwa banyak pekerja yang menggunakan fasilitas internet kantor untuk keperluan pribadi. Meski belum dibuktikan dengan survei, namun penulis duga banyak pelajar, mahasiswa dan orang muda yang menggunakan JSI dalam porsi “diatas normal.” Seorang psikolog di AS mengatakan bahwa jika Anda segera mengaktifkan koneksi internet pada HP begitu Anda lepas dari komputer (yang terkoneksi internet), maka itu merupakan tanda bahwa Anda telah kecanduan internet. Memang sampai saat ini belum ada masalah dengan penggunaan JSI ini. Namun trend yang ada cenderung untuk terus naik, seiring dengan keluarnya produk-produk telekomunikasi tercanggih. Jika hal ini tidak segera di tanggulangi, JSI akan benar-benar menjadi candu yang membuat “penggemarnya” sakaw.
Penulis rasa semula JSI dibuat agar menjadi sebuah “ruang pertemuan” raksasa yang tidak terikat dengan batasan ruang (dan waktu?). Penulis di Jogja sekarang bisa menulis pesan (bukan pesan pribadi) untuk teman yang di Jakarta. Minggu depan, seorang teman yang ada di Papua bisa nimbrung dalam “dialog” itu. Namun apa yang sebenarnya terjadi sekarang? Penulis melihat bahwa ada kecenderungan JSI, terutama FB, menjadi tempat untuk pamer pengalaman. Virus-virus selebritis telah merasuki pengguna JSI.
Dan yang lebih parah lagi, JSI, sebagai mode komunikasi alternatif, justru menggeser komunikasi tradisional. Bisa jadi gara-gara JSI, dua orang yang bertetanggaan tidak pernah lagi bertemu langsung selama berbulan-bulan. JSI mampu memutus hubungan sosial yang real diantara mereka yang kecanduan.
Bagaimana solusinya?
Bapa Suci Paus Benedictus XVI dalam suratnya menyambut Hari Komsos Sedunia 24 Mei 2009 (sudah terbit di awal tahun) mengatakan bahwa mode komunikasi modern hendaknya digunakan secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk semakin memanusiakan manusia.
Melalui artikel ini penulis mengajak Anda semua untuk memanfaatkan JSI secara baik dan benar, sehingga peradaban manusia akan semakin berkembang.
Beberapa Tips aman menggunakan TWITTER

1. Batasi Pembicaraan Anda
Penggunaan Twitter yang mudah membuat para  sering dengan  melakukan tentang lokasi dan kegiatan mereka. Namun, para  sering tidak menyadari bahwa akun mereka merupakan akun publik (tidak dilindungi ataupun dibatasi), maka semua orang bisa melihat  mereka tersebut.
Komentar- ringan yang diberikan sebagai tanggapan dari  tersebut lama-kelamaan bisa digunakan untuk mengetahui jadwal kegiatan dan  harian  itu. Para penjahat bisa menggunakan hal ini untuk menjadikan  tersebut  berikutnya.
2. Berhati-hatilah Membuka TautanBerhati-hatilah membuka link atau tautan yang Anda dapatkan. Banyak orang yang menggunakan layanan pemendekan URL di Twitter, hingga memang sering sulit untuk benar-benar mengetahui situs yang akan Anda kunjungi.
Produk  web memang dapat digunakan untuk memeriksa tautan-tautan tersebut. Namun yang paling penting adalah untuk terus mengingat bahwa bila ada keraguan mengenai tautan yang Anda dapatkan, sebaiknya jangan dibuka!
3. Waspadalah!Waspadalah dengan kegiatan-kegiatan mencurigakan di timeline atau inbox Anda. Bila Anda mulai mendapatkan - yang mencurigakan atau teman-teman Anda mulai men- atau mengirimkan - berbau spam, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu apakah akun rekan Anda telah menjadi sasaran peretas atau perengkah.
4. Berpikir Sebelum Memposting
Tweet Anda dapat dibaca oleh semua orang di seluruh dunia. Bahkan setelah dihapus,  Anda masih tetap dapat dilihat dengan menggunakan mesin pencari. Pikirkanlah baik-baik apa yang hendak Anda tulis, karena konsekuensi tulisan Anda mungkin akan lebih jauh dari yang Anda perkirakan. Menggunakan hashtag juga akan semakin mempermudah pencarian  Anda.
5. Jangan Lekas PercayaAnda tidak pernah tahu siapa saja follower Anda di twitter. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang-orang yang mungkin memiliki niat buruk.
6. Periksalah Aplikasi Pihak Ketiga Secara SeksamaAda ratusan aplikasi yang dapat Anda gunakan di Twitter. Sebelum Anda menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, pastikan bahwa  mereka. Carilah aplikasi-aplikasi yang banyak dibahas di situs-situs terpercaya. Ingat bahwa aplikasi-aplikasi ini sering membutuhkan password dan username Anda.
7. Informasi PasswordGunakan password berbeda untuk tiap akun jejaring sosial Anda. Bila Anda ingin lebih aman, ciptakan e-mail berbeda untuk akun-akun jejaring sosial Anda. Dengan begitu, bila Anda menutup akun jejaring sosial Anda, Anda dengan mudah dapat menghapus akun e-mail tersebut.
8. Saat Log inPeriksalah pengaturan browser yang Anda gunakan. Pastikan bahwa informasi Anda tidak terekam bila Anda menggunakan komputer bersama.
9. Waspadalah Terhadap Serangan PhisingBerhati-hatilah atas usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi Anda melalui  atau Direct Message (DM) yang menipu.
10. Saat Menggunakan Telepon SelulerBerhati-hatilah dengan telepon seluler Anda dan siapa-siapa saja yang dapat menggunakannya. Bila Anda memiliki aplikasi Twitter, pastikan Anda selalu log out setelah Anda menggunakannya.
 Bagi Anda para pengguna Yahoo Mail dan ingin membuat tampilan email Anda lebih berwarna, Anda dapat memanfaatkan salah satu fitur yang disediakan Yahoo Mail yaitu background email atau gambar latar untuk email Anda. Background email yang disediakan di Yahoo Mail sendiri terdiri dari berbagai gambar, warna, dan tema yang tentu saja akan membuat email yang anda kirimkan menjadi lebih menarik. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut…

Langkah 1

Buka situs http://mail.yahoo.com dan lakukan login dengan Yahoo! ID Anda. Lalu dari halaman utama Yahoo Mail klik tombol New untuk membuat email baru.

Langkah 2

Halaman untuk mengetik email baru telah terbuka. Sekarang perhatikan bagian kanan dari halaman tersebut. Disana terdapat kolom Stationeryyang berisi beragam background yang bisa Anda pilih. Atau jika Anda menggunakan Yahoo Mail Classic, klik logo Stationery yang ada di bagian paling kanan menu kotak penulisan email.

Langkah 3

Klik gambar pilihan Anda, secara otomatis gambar tersebut akan muncul sebagai latar pada halaman email yang akan Anda kirim. Atau jika ingin melihat gambar background lainnya berdasarkan tema, klik Featured. Kemudian akan muncul beberapa pilihan tema yang bisa Anda pilih.

Langkah 4

Setelah memilih salah satu tema, maka akan muncul macam-macam gambar yang sesuai dengan tema tersebut. Kali ini, saya memilih temaFun.
Kemudian, klik salah satu gambar yang Anda suka, contohnya gambarSkulls.

Langkah 5

Jika Anda telah mendapatkan gambar latar yang pas, selanjutnya Anda dapat mengetik email seperti biasa. Bila telah selesai mengetik email Anda, klik Send untuk mengirim email tersebut. Tentunya tidak lupa untuk memasukkan alamat email yang Anda tuju sebelum mengirimnya… :p
Anda telah berhasil memasang background untuk email Anda. Dan tentunya penerima email nantinya bisa ikut menikmati gambar latar email tersebut. Selamat mencobaaa~
 Nah kali ini postingan blospot saya berbeda dari yang lainnya ...
biasanya saya memosting tentang komputer dan perangkat nya sekarang saya memosting tentang jaringan sosial TWITTER, anda TWITTER pasti sudah tidak asing lagi di kupong anda semua sebuah jaringan sosial yang bikin anaak muda sekrang gaull ....

Tertarik untuk membuat halaman Twitter lebih menarik? Mari ikuti langkah-langkah berikut…



Langkah 1

Lakukan login akun Twitter Anda, pada halaman Home klik menuSettings di bagian kanan atas.

Langkah 2

Di halaman Settings,  pilih submenu Design untuk melihat pilihan tema background.
Twitter telah menyediakan berbagai tema yang menarik untuk digunakan sebagai gambar background. Silakan pilih gambar yang disukai dengan meng-klik salah satu tema. Sesaat setelah Anda meng-klik, Twitter akan langsung mengubah background sesuai dengan tema yang dipilih.

Langkah 3

Jika ingin menggunakan gambar sendiri sebagai background , Anda bisa meng-klik Change background image kemudian klik Browse untuk mengunggahnya.

Langkah 4

Jika ingin memodifikasi warna desain di Twitter, klik Change design colors. Disini Anda mengubah warna background, teks, linkssidebardan garis sidebar. Pilihlah warna yang selaras dengan gambarbackground Anda.
Misal mengubah warna sidebar di Twitter, klik kotak warna dengan judulsidebar kemudian pilih warna dengan mencoba klik pada perpaduan warna yang Anda sukai. Jika telah selesai, klik Done di kanan bawah.

Langkah 5

Jika semua modifikasi telah selesai dilakukan, jangan lupa klik tombolSave changes untuk menyimpan background yang baru. Kini Twitter Anda akan muncul dengan tampilan baru…
Mudah bukan? Sekarang Anda bisa mengubah gambar backgroundsekaligus warna desain pada halaman Twitter sesuka hati

cara memperbaiki flashdisk yang rusak

Thursday 2 September 2010
Posted by Unknown

Berangkat dari pengalaman pribadi dan teman-teman yang sering mengalami masalah dengan USB Flashdisk yang tidak bisa diformat ataupun file systemnya berformat RAW saya mencoba mencari cara/tool yang ampuh untuk memperbaiki flashdisk-flashdisk  yang rusak tersebut. Pada awalnya saya direkomendasikan menggunakan HP Drive Boot Key, HDD Low Level Format tool, dan format tool lainnya  yang banyak dianjurkan pada website atau blog-blog, tapi ternyata tool-tool tersebut tidak “sepamungkas” yang diharapkan karena hanya pada beberapa kasus kerusakan saja tool tersebut dapat menjalankan fungsinya dalam memperbaiki flashdisk yang rusak tersebut.
Dan pada akhirnya…setelah berjuang mencari dan mencari akhirnya saya mendapatkan sebuah tool yang dapat membantu saya memperbaiki flashdisk-flashdisk yang rusak tersebut. Tool “pamungkas” itu namanya repair.exe dengan versi 2.9.1.1. Memang tidak semua kondisi kerusakan pada flashdisk dapat diperbaiki dengan tool ini, tapi menurut saya tool ini sangat mumpuni dalam memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat maupun flashdisk dengan format RAW,tapi dengan syarat flashdisk haruslah terdetect oleh sistem operasi,karena apabila tidak terdetect kemungkinan yang rusak adalah pada bagian hardware. Sebagai perbandingan, beberapa flasdisk rusak yang saya coba perbaiki dengan HP Drive Boot Key, HDD LLF tool, dan berbagai tool format lainnya banyak yang tidak bisa,tetapi dengan program repair ini flashdisk-flashdisk tersebut akhirnya bisa diformat.
Repair 2.9.1.1 dapat didownload disini.
harddisk Cara Memperbaiki Harddisk Yang Rusak

Cerita dikit tentang Harddisk
Saya membagi  menjadi 4 level, ini   dan  saya pribadi menangani  .
Pertama
Kerusakan 
 terjadi pada level ini bisanya  Bad sector. Untuk menanganinya  beberapa cara dan  percobaan, disesuaikan dengan   dan  .
* Untuk penangan   gunakan perintah FORMAT C:/C (sesuaikan dengan drive  akan diformat). /C digunakan untuk mebersihkan cluster  .
* Langkah kedua jika belum berhasil 
 gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Harddisk.
* Jika belum berhasil 
 anda  gunakan software HDDREG , silahkan download di internetprogramnya.
* Jika belum berhasil 
 cara Low Level Format atau Zero File.
* Jika masih belum 
, anda  lakukan pemotongan sector   , dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang .
KeduaKerusakan  pada level 2 adalah Kehilangan Partisi Harddisk dan Data . Ini  oleh virus atau  menggunakan program utility. Ada  perlu diperhatikan dalam mengembalikan Partisi  yang hilang, yaitu kapasitas  dan Jenis File Systemnya. Partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux.
* Cek terlebih dahulu partisi  dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager
* Untuk mengembalikannya 
 gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.
ketigaKerusakan    terdeteksi di BIOS tetapi tidak  digunakan, selalu muncul pesan error pada saat  melakukan POST. Biasanya ini  FIRMWARE dari  tersebut bermasalah. Untuk gejala ini banyak terjadi pada   Maxtor dengan seri nama-nama Dewa. Untuk memperbaikinya anda  download program Firmware   tersebut.keempatKerusakan yang  Harddisk benar tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak  digunakan lagi. Ini level yang tersulit menurut saya. Karena untuk perbaikannya kita butuh sedikit utak atik perangkat elektronika dan komponen dalamnya. Menganggulangi   terdeteksi oleh BIOS banyak cara.
* Mengecek arus listrik  mengalir ke 
* Mengganti IC pada mainboard Harddisk
* Buka Penutup Cover 
 dan cek posisi Head 
  extreme     dikanibal dengan   lain  keruskan berbeda, dengan cara  maiboardnya atau mengambil IC nya.
Semoga ini  jadi referensi tambahan buat kalian yang ingin mencoba memperbaiki . Semoga berhasil
Sumber: roel-smith.blogspot.com

ekonomi malaysia sangat bergantung dengan indonesia.....terlalu sok tu negara malaysia..........terlalu merendahkan harkat dan martabat orang indonesia..NKRI Harga MATI

Boikot produk malingsial tu...sampaikan ke saudara kita yang lain.......

motherboard asus

Wednesday 1 September 2010
Posted by Unknown
Tag :

sejarah danperkembangan komputer

Tuesday 31 August 2010
Posted by Unknown
  
sejarah komputer.roel-smith.blogspot.com
Setelah kemarin saya memosting tentang pemanfaatan komputer di masyarakat, meski tidak begitu lengkap dan mendetail, semoga bisa berguna buat yang belum tahu sejarahnya.Sekarang,saya akan mencoba posting tentang Sejarah Komputer Dan Perkembangannya.Ceritanya begini,Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa.Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja,sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi,jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
- Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik- Komputer Generasi Pertama
- Komputer Generasi Kedua
- Komputer Generasi Ketiga
- Komputer Generasi Keempat
- Komputer Generasi Kelima

Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik Abacus,yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.Seiring dengan munculnya pensil dan kertas,terutama di Eropa,abacus kehilangan popularitasnya

Setelah hampir 12 abad,muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662),yang pada waktu itu berumur 18 tahun,menemukan apa yang dia sebut sebagai kalkulator 
roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.

Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan 
Pascaline,menggunakan delapan rodaputar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.

Pada Tahun 1694,seorang matematikawan dan filsuf Jerman,Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.Sama seperti pendahulunya,alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal,Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.

Barulah pada tahun 1820,kalkulator mekanik mulai populer.
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar.Kalkulator mekanik Colmar,arithometer,mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukanpenjumlahan,pengurangan,perkalian,dan pembagian. Dengan kemampuannya,Arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz,Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris,Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812,Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan,sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu.Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial.Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial.Dengan menggunakan tenaga uap,mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.

Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun,
Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama,yang disebut Analytical Engine.Asisten Babbage,Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini.Ia membantu merevisi rencana,mencari pendanaan dari pemerintah Inggris,dan mengkomunikasikan spesifikasi AnalyticalEngine kepada publik.Selain itu,pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama.Pada tahun 1980,Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

Mesin uap Babbage,walaupun tidak pernah selesai dikerjakan,tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini.Bagaimanapun juga,alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting.Terdiri dari sekitar 50.000 komponen,disain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.

Pada Tahun 1889,Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan.Dengan berkembangnya populasi,Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik.Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel.Dengan menggunakan alat tersebut,hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu.Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan,kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data.Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas.Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International
Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger.Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis.Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.

Pada masa berikutnya,beberapa Insinyur membuat penemuan baru lainnya.Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi.Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.Pada tahun 1903,John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja 
GeorgeBoole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar,yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus,Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
I. KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1)

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua,negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer.Hal ini tentu saja meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.Pada tahun 1941,Konrad Zuse,seorang insinyur Jerman membangun sebuah Komputer Z3,untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer.Pada Tahun 1943,pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode Rahasia yang dinamakan 
Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.Dampak pembuatan Colossus ini tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan.Pertama,colossus bukan merupakan komputer serbaguna general-purpose computer),ia hanya didisain untuk memecahkan kode rahasia.Kedua,keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja sama dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,atau Mark I,merupakan komputer relai elektronik.Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik.Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan Aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC),yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.Terdiri dari 18.000 tabung vakum,70.000 resistor,dan 5 juta titik solder,Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980),ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.Pada pertengahan tahun 1940-an,John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan Tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.

Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU),yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.Pada Tahun 1951,UNIVAC I(Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand,menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC.Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.Ciri lainkomputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
II. KOMPUTER GENERASI KEDUA (2)

Pada tahun 1948,penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi,radio,dan komputer.Akibatnya,ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956.Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat diandalkan,dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.IBM membuat superkomputer bernama Stretch,dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom,dapat menangani sejumlah besar data,sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,California,dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal tahun 1960-an,mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis,di Universitas,dan di pemerintahan.Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini: printer,penyimpanan dalam disket,memory,sistem operasi,dan program.Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.Pada tahun 1965,hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.Dengan konsep ini,komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman 
Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata,kalimat,dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer,analyst,dan ahli sistem komputer).Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
III. KOMPUTER GENERASI KETIGA (3)

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum,namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.Jack Kilby,seorang insinyur di Texas Instrument,mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC:
integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
IV. KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (4)

Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,efisiensi dan juga kehandalan komputer.Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,memori,dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil.Sebelumnya,IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang,sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.Tidak lama kemudian,setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,televisi,dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.Pada pertengahan tahun 1970-an,perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.Komputer-komputer ini,yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.Pada awal 1980-an,video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor,dan sekolah.Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982.Sepuluh tahun kemudian,65 juta PC digunakan.Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer.Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaianCPU: IBM PC/486,Pentium,Pentium II,Pentium III,Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon,dsb.Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan.Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,piranti lunak,informasi,dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.Dengan menggunakan perkabelan langsung,yang disebut juga Local Area Network(LAN),atau kabel telepon,jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

V. KOMPUTER GENERASI KELIMA (5)

Mendefinisikan komputer generasi kelima (ke-V) menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda.Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan,banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud.Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.Fasilitas ini tampak sederhana.Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel,yang akan menggantikan model von Neumann.Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.Kemajuan lain adalah Teknologi Superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputeryang akan datang.Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Kemungkinan Komputer Masa Depan

Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.Kelebihan lainnya lagi,kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi,bisa berkomunikasi langsung dengan manusia,dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dari Generasi Ke-1 Sampai Generasi Ke-6,semoga bermanfaat terutama bagi yang ingin mengetahui Sejarah Komputer dan juga bagi para pembaca semuanya. 


Welcome to My Blog

Total Pageviews

Blogger templates

Welcome to my blog and thanks for visit my blog

Followers

- Copyright © Berbagi ilmu komputer dan jaringan -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -